Quantum ialah interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya.
Quantum Learning ialah pengajaran yang dapat mengubah suasana belajar yang menyenangkan serta mengubah kemampuan dan bakat alamiah siswa menjadi cahaya yang akan bermanfaat bagi mereka sendiri dan bagi orang lain. Quantum Learning merupakan orkestrasi bermacam-macam interaksi yang di dalam dan sekitar momen belajar atau suatu pembelajaran yang mempunyai misi utama untuk mendesain suatu proses belajar yang menyenangkan yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa. Interaksi-interaksi ini mencakup unsur-unsur untuk belajar efektif yang mempengaruhi kesuksesan siswa. Quantum Learning adalah pengubahan belajar yang meriah dengan segala nuansanya. Dan juga menyertakan segala kaitan,interakasi dan perbedaan yang memaksimalkan momen belajar. Dengan demikian, Quantum Learning berfokus pada hubungan dinamis dalam lingkungan kelas-interaksi yang mendirikan landasan dan kerangka untuk belajar.
Asas utama Quantum learning Model
Pengertian dari asas utama Quantum Learning Model adalah “ Bawalah dunia mereka ke dunia kita dan antarkan dunia kita ke dunia mereka “.Dan mengingat pentingnya peranan guru dalam dunia pendidikan, maka guru diharuskan bisa memasuki dunia siswa sebagai langkah pertama dalam pembelajaran. Selanjutnya guru dapat membawa siswa ke dalam dunia guru dengan memberi siswa penjelasan atau pemahaman tentang materi pelajaran yang akan dipelajari. Akhirnya, dengan penjelasan yang lebih luas dan mendalam yang telah guru berikan, siswa dapat membawa apa yang telah mereka pelajari ke dalam dunia mereka dan menerapkan pada situasi yang baru.
Prinsip-prinsip Quantum Learning Model
Quantum Learning Model memiliki lima prinsip atau kebenaran tetap. Prinsip-prinsip ini dianggap sebagai chord dasar dari simfoni belajar seorang guru. Prinsip-prinsip tersebut adalah :
a. Segalanya berbicaraSegalanya dari lingkungan kelas hingga bahasa tubuh guru, dan kertas yang guru bagikan
hingga rancangan pelajaran guru, semuanya mengirim pesan tentang belajar.
b. Segalanya bertujuan
Semua yang terjadi dalam pengubahan guru mempunyai tujuan.
c. Pengalaman sebelum pemberian nama
Otak kita berkembang pesat dengan adanya rangsangan kompleks, yang akan menggerakkan
rasa ingin tahu. Oleh karena itu, proses belajar paling baik terjadi ketika siswa telah mengalami
informasi sebelum mereka memperoleh nama-nama untuk apa yang mereka pelajari.
d. Akui setiap usahaBelajar mengandung resiko. Belajar berarti melangkah keluar dari kenyamanan. Pada saat
siswa mengambil langkah itu. Mereka patut mendapat pengakuan atas kecakapan dan
kepercayaan diri mereka.
e. Jika layak dipelajari, maka layak pula dirayakan
Perayaan adalah sarapan pelajar sang juara. Perayaan hádala umpan balik mengenai kemajuan
dan meningkatkan assosiasi emosi positif dengan belajar.
Unsur-unsur Quantum Learning Model
Quantum Learning Model hampir sama dengan sebuah simfoni. Unsur-unsur dalam Quantum Learning Model terdapat dalam 2 kategori, yaitu konteks dan isi. Guru sebagai konduktor dari siswa-siswa yang sedang belajar, harus mengubah banyak bagian. Bagian konteks meliputi pengubahan suasana, landasan, lingkungan da rancangan belajar. Sedangkan bagian isi meliputi pengubahan penyajian informasi/materi, fasilitas, ketrampilan belajar untuk belajar, dan ketrampilan hidup.